Jumat, 05 Juni 2009

Olahraga Ringan di Kantor

Kebiasaan masyarakat urban di ibukota sering menyepelekan pentingnya berolahraga. Alasan tidak ada waktu sering dipakai sebagai alasan klasik malas melakukan gerakan badan. Padahal, olahraga sebetulnya tidak selalu harus dilakukan pada waktu dan tempat khusus. Bila Anda cermat mensiasati di sela-sela aktivitas kerja, Andapun bisa melakukan latihan ringan. Tidak percaya?

Dokter Michael Triangto SpKo, dari klinik Slim Healthy Spot Therapy menyarankan supaya melakukan latihan ringan di sela-sela jam kantor atau kesibukan seseorang. Kegiatan ini bermakna penting, sekalipun hanya dilakuakan sambil lalu saja. "Memang semua berpulang pada tujuan masing-masing orang atau individunya," ucapnya.

Michael mengatakan bila si orang tersebut segan dan malas maka tidak akan ada waktu untuk berolahraga. Sebaliknya bila seseorang pintar mensiasati diri melakukan latihan ringan di kantor maka iapun akan menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan kekuatan bagian-bagian tubuh yang biasa digunakan untuk menunjang aktivitas, kelincahan dan kegiatannya.

Menurut pakar kesehatan olahraga dari Rumah Sakit Mitra Keluarga ini, mereka yang bekerja behind desk from nine to five atau bekerja di belakang meja mulai pukul delapan pagi sampai lima sore pasti sering mengeluhkan pegal-pegal pada punggung serta kaku di bagian otot-otot tubuhnya. Keluhan tersebut tidak lain lantaran kebiasaan bekerja duduk terlalu lama bisa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh-pembuluh darah. "Untuk mengatasinya harus melakukan gerakan senam ringan yang baisa dilakukan di kantor."

Menurutnya, melalui senam ringan dan sederhana dapat menghalau gangguan tersebut. Dengan melakukan gerakan mudah tersebut seseorang tidak perlu ke luar kantor. Yang penting pesannya olahraga ringan ini dilakukan dengan cermat dan efisien yang bisa mengendurkan otot-otot kaku. Lalu disarankan pada saat melakukan gerakan ini sebaiknya terfokus pada bagian-bagian tubuh yang sering dikeluhkan dan biasa melanda bagian leher, tangan perut, punggung, bokong, paha dan kaki.

Bergerak atau berolahraga ringan di kantor tidak harus full yang penting dilakukan dari tubuh bagian atas hingga bawah dan disesuaikan dengan kebutuha. Michael memberikan contoh bila tangan yang terasa pegal gerakan yang dilakukan sebaiknya stretching tangan yang bisa mengatasi rasa pegal. Namun bila ingin melakukan gerakan yang full atau menyeluruh mulai dari atas hingga bawah, sebaiknya tidak boleh terlalu berlebihan atau setiap hari. "Waktu yang tepat dalam seminggu sebaiknya tiga sampai empat kali saja ," ujarnya. Anda siap melakukan olagraga ringan di kantor?
(Senin, 16 Maret 2009TEMPO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar